Kursus Gratis Clay

Clay atau yang sering disebut plastisin Fisiknya lentur dan halus membuatnya mudah dibentuk menjadi apa saja. Berkreasi dengan clay hampir sama dengan lilin mainan (lilin malam sendiri merupakan salah satu jenis clay). Bedanya, lilin mainan sudah mempunyai warna dan tidak bisa mengeras, sedangkan clay bisa kita beri warna dan bisa mengeras.

kursus-clayUntuk pemula yang belum pernah les sekalipun di bidang clay, anda dapat membuat buah-buahan maupun sayuran mini dari clay terlebih dahulu .

Bahan yang digunakan untuk membuat clay miniature buah-buahan diantaranya clay merk cosmos, cat acrylic ataupun cat minyak , serta alat clay.

Langkah pertama adalah pencampuran warna dengan clay. Cosmos clay dasarnya berwarna putih , kita tinggal mencampurkan clay dengan pewarna yang telah disediakan. Seumpama, kita akan membuat bentuk wortel , kita tinggal menambahkan sedikit saja warna merah dan kuning ke segumpal clay dengan perbandingan 1:3 , lalu kita ratakan warna dengan clay hingga clay berubah warna menjadi orange , setelah itu , ambil sedikit saja clay yang telah diwarnai , lalu bentuk menjadi tetes air memanjang dengan ujung agak dilancipkan, setelah itu, gores gores dengan alat pisau clay agar lebih mirip dengan wortel.

pencampuran-warna-clay

Proses Pencampuran Warna Pada Clay

dosen-clay

bahan-clayUntuk pemula yang ingin belajar clay juga dapat membuat animal seperti di atas perahu tersebut. Bahan yang digunakan untuk membuat animal dalam perahu tersebut kita bisa menggunakan Jumping clay . Jumping clay sama saja dengan cosmos clay , hanya bedanya , jika cosmos clay hasil akhir setelah kering keras, jika jumping clay, hasil akhir setelah kering ringan seperti spons . Jumping clay tidak perlu menambah kan cat untuk diberi warna karena Jumping clay sudah memiliki warna. Kita dapat menggunakan jumping dengan 5 warna dasar , yaitu hitam, putih, merah, kuning, dan biru .

 

 

Proses dasar yang harus dilakukan dalam membuat aneka bentuk dengan berbahan dasar Jumping clay yaitu pencampuran warna .

kursus-clay-anak

Warna-warna yang dapat di campur adalah :
- Warna merah dan kuning bisa jadi warna orange ( 1 : 3 )
- Warna merah, kuning dan warna putih bisa jadi warna muka ( 1 : 1 : 5 )
- Warna merah , kuning dan hitam bisa menjadi warna coklat ( 2 : 4 : 1 )
- Warna kuning dan biru bisa menjadi warna hijau ( 3 : 1 )
- Warna merah dan biru bisa menjadi warna ungu ( 2 : 3 )
- Warna hitam dan putih bisa menjadi warna abu-abu .
- Jika ingin warna semakin soft, dapat ditambah putih , contoh, jika ingin warna biru muda , biru ditambah putih ( 1 : 4 )
- Jika ingin warna semakin gelap bisa ditambah hitam , contoh, jika ingin warna merah tua. Merah tambah hitam ( 3 : 1 )

Ada beberapa bentuk dasar yang harus diketahui para pemula jika ingin belajar clay . yaitu bentuk bulat, tetes air, tetes air ganda, panjang, dan spiral .
Beberapa contoh gambar clay yang dapat dibuat oleh pemula diantaranya :

Pemula yang baru pertama ingin belajar dapat membuat angrybird set seperti di gambar .  bentuk yang paling sering dibuat , bulat dan tetes air.

Pemula yang baru pertama ingin belajar dapat membuat angrybird set seperti di gambar . bentuk yang paling sering dibuat , bulat dan tetes air.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selain angry bird pemula juga dapat membuat set shoun the sheep .

Selain angry bird pemula juga dapat membuat set shoun the sheep .

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jika bentuk dasar telah dapat dikuasai , pemula dapat melanjutkan set bakery shop seperti ini

Jika bentuk dasar telah dapat dikuasai , pemula dapat melanjutkan set bakery shop seperti ini

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah dirasa dapat menguasai materi dasar , biasanya para pemula dapat melanjutkan dengan membuat aneka kreasi lainnya. Seperti kucing  , anjing,  doraemon and friends , spongebob and friends , juga minion serta kreasi lain-lain .

hasil-clay

Di kesempatan kali ini , kami bahas untuk clay dulu. Jika ada waktu senggang lagi , akan kami bahas les-les lainnya yang dapat di ikuti secara GRATIS  di crayon craft & co .